my picture

Senin, 12 Maret 2012

Kelebihan dan Kelemahan Bahasa C

Berhubung saya lagi mempelajari bahasa C, makanya saya memposting kelebihan dan kelemahan C. semoga bermanfaat. :D
Beberapa kelebihan dari C:


















  • C banyak memiliki operator untuk memanipulasi data.
  • Berbagai struktur data dan pengandalian proses di sediakan dalam C, sehingga memungkinkan untuk membuat program yang terstruktur, yaitu bentuk program yang mudah di pahami dan di kembangkan.
  • Dibandingkan dengan bahasa lain atau rakitan (assembly), C lebih mudah di pahami dan pemrogram tidak perlu tahu detail mesin computer sehingga tidak menyita waktu yang terlampau banyak dalam menyelesaikan suatu masalah kedalam bentuk program. Sebab C merupakan bahasa yang berorientasi pada permasalahan, bukan ber orientasi pada ,mesin.
  • Kecepatan eksekusi C mendekati kecepatan eksekusi program yang dibuat dengan bahasa beraras rendah.
  • C memungkinkan memanipulasi data dalam bentuk bit maupun byte secara efisien. Disamping itu juga memmungkinkan untuk memanipulasi alamat dari suatu data (pada C, tipe yang berkaitang dengan ini dinamakan pointer).
Adapun kelemahan (lebih tepatnya adalah kesulitan) C yang dirasakan oleh para pemula C.
  • Banyaknya operator serta fleksibelitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai. Kalau tidak di kuasai sudah tentu akan menimbulkan masalah.
  • Para pemrogram C tingkat pemula umumnya belum pernah mengenal pointer dan tidak terbiasa menggunakan nya (sebab bahasa BASIC yang biasanya merupakan bahasa dasar dari para pemrogram memang tidak mengenal istilah seperti ini). Padahal kemampuan C justru terletak pada pointer.
Kesulitan yang di uraikan akan bersifat sementara saja. Kalau para pemula C mau mempelajarinya, sebenarnya tak ada yang dikatakan sulit sekali mengenai C. mereka yang sudah terbiasa justru menyatakan bahwa bekerja dengan C sangat menyenangkan. Pepatah mengatakan “dimana ada kemauan, disitu ada jalan” dan “tak kenal maka tak sayang”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar