Matematika
merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern,
mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir
manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa
ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar,
analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan
mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat
sejak dini.
Mata
pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari
sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis,
analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama.
Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan
memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada
keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar matematika dalam dokumen ini disusun sebagai
landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut di atas. Selain
itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam
pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan
simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Pendekatan
pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup
masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak
tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk meningkatkan
kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah,
membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam setiap
kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah
yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan
masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai
konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah
diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer,
alat peraga, atau media lainnya. Selain itu, perlu ada pembahasan mengenai
bagaimana matematika banyak diterapkan dalam teknologi informasi sebagai
perluasan pengetahuan peserta didik.
BAB II
ISI
Standar Kompetensi (SK) merupakan ukuran kemampuan minimal yang mencakup
pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dicapai, diketahui, dan mahir
dilakukan oleh peserta didik pada setiap tingkatan dari suatu materi yang
diajarkan. Bisa juga dikatakan SK adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan,
dan sikap yang harus dikuasai setelah siswa mempelajari mata pelajaran tertentu
pada jenjang pendidikan tertentu pula.
Pada setiap mata
pelajaran SK sudah ditentukan oleh para pengembang kurikulum, yang dapat kita
lihat dari Standar Isi. Jika sekolah memandang perlu mengembangkan mata
pelajaran tertentu, misalnya mengembangkan kurikulum muatan lokal, maka perlu
dirumuskan SKnya sesuai dengan nama mata pelajaran dalam muatan lokal tersebut.
Penetapan
Standar Kompetensi (SK), dimaksudkan untuk menetapkan ukuran minimal atau
secukupnya, mencakup kemampuan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus
dicapai, diketahui, dilakukan, dan mahir dilakukan oleh peserta didik pada
setiap tingkatan secara maju dan berkelanjutan sebagai upaya kendali dan
jaminan mutu.
1.
Standar Kompetensi SMA
Kemampuan matematika yang terdapat Standar
Kompetensi ini dirancang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa agar dapat
berkembang secara optimal, serta memperhatikan pula perkembangan pendidikan
matematika di dunia sekarang ini. Untuk mencapai kompetensi tersebut dipilih
materi-materi matematika dengan memperhatikan struktur keilmuan, tingkat
kedalaman materi, serta sifat esensial materi dan keterpakaiannya dalam
kehidupan sehari-hari. Secara rinci, standar kompetensi tersebut, adalah
sebagai berikut:
Kelas X semester 1:
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Aljabar
1. Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
|
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
|
2. Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
|
2.1 Memahami konsep
fungsi
2.2 Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan
fungsi kuadrat
2.3 Menggunakan sifat dan aturan
tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.4 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan yang berkaitan dengan
persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat
2.5 Merancang model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan/atau fungsi kuadrat
2.6 Menyelesaikan model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
|
3. Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dan
pertidaksamaan satu variabel
|
3.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear
dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
3.2 Merancang model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear
3.3 Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear dan penafsirannya
3.4 Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang
melibatkan bentuk
pecahan aljabar
3.5 Merancang model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan satu variabel
3.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan
pertidaksamaan satu
variabel dan penafsirannya
|
Kelas X semester 2:
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Logika
4. Menggunakan logika
matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan
pernyataan berkuantor
|
4.1 Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya
4.2 Menentukan nilai kebenaran dari suatu
pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
4.3 Merumuskan pernyataan yang setara
dengan pernyataan majemuk atau
pernyataan berkuantor yang diberikan
4.4 Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan
pernyataan berkuantor dalam
penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah
|
Trigonometri
5. Menggunakan perbandingan,
fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam
pemecahan masalah
|
5.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis
yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
5.2 Merancang model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan
perbandingan, fungsi,
persamaan dan identitas trigonometri
5.3 Menyelesaikan model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan
perbandingan, fungsi,
persamaan dan identitas trigonometri, dan penafsirannya
|
Geometri
6. Menentukan kedudukan, jarak, dan besar
sudut yang melibatkan titik,
garis, dan bidang dalam
ruang dimensi tiga
|
6.1 Menentukan kedudukan titik, garis,
dan bidang dalam ruang
dimensi tiga
6.2 Menentukan jarak dari titik
ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang
dimensi tiga
6.3 Menentukan besar sudut antara
garis dan bidang dan antara dua bidang
dalam ruang dimensi
tiga
|
Dari
keterangan di atas, kami mengambil mata pelajaran matematika smester satu kelas
X SMA. Standar Kompetensi yang akan di kembangkan sangat bervariasi tergantung
dari pengajarnya. Pengajar akan memberikan materi kepada siswa dengan cara
mengajarnya masing. Dalam artian pengajar akan menyesuaikan materi yang akan di
ajarkan kepada siswa nya tergantung dari keadaan siswa itu sendiri.
2. Standar
Kompetensi SMK
Penguasaan mata pelajaran Matematika
bagi peserta didik SMK/MAK juga berfungsi membentuk kompetensi program keahlian.
Dengan mengajarkan Matematika diharapkan peserta didik dapat menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari dan mengembangkan diri di bidang keahlian dan
pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi. Secara rinci, standar
kompetensi tersebut, adalah sebagai berikut:
Jurusan Seni, Pariwisata, Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi
Kerumahtanggaan Untuk SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN (SMK)/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
STANDAR KOMPETENSI
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memecahkan masalah berkaitan
dengan konsep operasi bilangan riil
|
1.1 Menerapkan operasi pada bilangan riil
1.2 Menerapkan operasi pada bilangan berpangkat
1.3 Menerapkan operasi pada bilangan irasional
1.4 Menerapkan konsep logaritma
|
2. Memecahkan masalah
berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
|
2.1 Menentukan himpunan penyelesaian persamaan
dan pertidaksamaan linier
2.2 Menentukan himpunan penyelesaian persamaan
dan pertidaksamaan kuadrat
2.3 Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
3. Memecahkan masalah
berkaitan dengan konsep matriks
|
3.1 Mendeskripsikan macam-macam matriks
3.2 Menyelesaikan operasi
matriks
|
4. Menyelesaikan masalah program linier
|
4.1 Membuat grafik
himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier
4.2 Menentukan model
matematika dari soal
ceritera
(kalimat verbal)
4.3 Menentukan nilai
optimum dari sistem pertidaksamaan linier
4.4 Menerapkan garis
selidik
|
5. Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
|
5.1 Menentukan nilai
perbandingan trigonometri
suatu sudut.
5.2 Mengkonversi koordinat kartesius dan koordinat kutub
5.3 Menerapkan aturan sinus dan
kosinus
5.4 Menentukan luas suatu segitiga
|
6. Menerapkan konsep barisan dan deret
dalam pemecahan masalah
|
6.1 Mengidentifikasi pola,
barisan, dan deret bilangan
6.2 Menerapkan konsep barisan dan
deret aritmatika
6.3 Menerapkan konsep barisan dan deret geometri
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
7. Menentukan kedudukan, jarak,
dan besar sudut yang
melibatkan titik, garis,
dan bidang dalam ruang
dimensi dua
|
7.1 Mengidentifikasi sudut
7.2 Menentukan keliling bangun datar
dan luas daerah bangun
datar
7.3 Menerapkan transformasi bangun datar
|
8. Menerapkan aturan
konsep statistik dalam pemecahan masalah
|
8. 1 Mengidentifikasi pengertian statistik, statistika,
populasi, dan sampel
8. 2 Menyajikan data
dalam bentuk tabel
dan diagram
8. 3 Menentukan ukuran
pemusatan data
8. 4 Menentukan ukuran
penyebaran data
|
Tidak beda
jauh dengan SMA, dalam SMK standar kompetensi
dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengem-
bangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompe- tensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
BAB III
KESIMPULAN
SK pada dasarnya hampir sama
antara SMA dan SMK, yang membedakan hanya pada SMA matematika nya di rancang
agar siswanya melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, seperti bangku
kuliah dsb, oleh kaarena itu matematika di SMA lebih rumit.
Pada SMK matematika hanya di
ajarkan dalam bentuk yang sangat sederhana sekali, hanya menyesuaikan dengan
jurusan yang mereka ambil saja. Karena SMK cenderung di beri keahlian khusus
sesuai jurusannya agar setelah tamat dari SMK tersebut, siswa nya sudah siap
kerja.
MAU YANG INSTAN..??
LANGSUNG DOWNLOAD WORD NYA DISINI
DAN POWER POINTNYA DISINI
MAU YANG INSTAN..??
LANGSUNG DOWNLOAD WORD NYA DISINI
DAN POWER POINTNYA DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar