my picture

Sabtu, 25 Februari 2012

gambaran posotif-negatif tambang

MINING IN HELL !!

*)Aktivitas tambang seperti di neraka.. liat batu'x aja masih pijar terbakar :D


Transformers, itu kah yang ada dalam benak anda ketika melihat gambar ini? Tapi ini sama sekali bukan teman ataupun musuh optimus prime, ini adalah nyata. Gambar tersebut menunjukkan aktivitas tambang yang banyak kita jumpai di pulau Kalimantan.
Gambar ini di ambil oleh salah satu teman saya yang bekerja di pertambangan. Sampai-sampai api nya pun masih menyala-nyala saat di angkut seperti itu. Sungguh luar biasa sekali, setiap hari nya beratus-ratus kg isi dari bumi di keluarkan. Melaui pertambangan ini, daerah akan mendapat banyak keuntungan, begitu pula orang-orang yang bekrja di tambang ini. Khususnya bagi para kepala keluarga yang bekerja disini, dengan hasil gajih yang mereka peroleh, mereka mampu mencukupi keperluan keluarga nya. Ini juga bisa mengurangi pengangguran dengan mempekerjakan banyak orang sebagai buruh nya.
Tapi, sampai kapankah ini akan bertahan..? setiap Sumber Daya Alam (SDA) seperti tambang ini, merupakan SDA yang tidak dapat di perbarui yang lambat laun tapi pasti akanhabis.

Setiap sesuatu yang memiliki kelebihan, pasti terselip kekurangan di dalam nya. Begitu pula tambang ini, apa yang terjadi jika bahan tambang nya sudah mulai menipis atau habis? Pastinya akan banyak PHK para pegawai dan buruh tambang. Lahan yang digunakan bekas tambang ini akan menjadi lahan yang tandus, lahan yang gersang, karena tanah bekas tambang ini tidak akan bisa di Tanami oleh tumbuhan, ini akan memperparah pemanasan global yangterjadi di bumi kita ini.
Kira-kira seperti itulah gambaran positif-negatif dari tambang. Saya sarankan kepada pihak terkait seperti pemerintah atau pengelola tambang, serta orang-oang yang terlibat di dalamnya memikirkan bagaimana cara menanggulangi hal negatif dari pertambangan. Saya yakin mereka itu mampu, karena mereka itu orang-orang yang pintar dan ahli dalam bidang nya.
Sumber gambar: ozon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar