my picture

Jumat, 19 Oktober 2012

STANDAR KOMPETENSI YANG PERLU DI KEMBANGKAN DALAM PELAJARAN MATEMATIKA


Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit.  Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.

Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.

Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga, atau media lainnya. Selain itu, perlu ada pembahasan mengenai bagaimana matematika banyak diterapkan dalam teknologi informasi sebagai perluasan pengetahuan peserta didik.
















BAB II
ISI
Standar Kompetensi (SK) merupakan ukuran kemampuan minimal yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dicapai, diketahui, dan mahir dilakukan oleh peserta didik pada setiap tingkatan dari suatu materi yang diajarkan. Bisa juga dikatakan SK adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai setelah siswa mempelajari mata pelajaran tertentu pada jenjang pendidikan tertentu pula.
Pada setiap mata pelajaran SK sudah ditentukan oleh para pengembang kurikulum, yang dapat kita lihat dari Standar Isi. Jika sekolah memandang perlu mengembangkan mata pelajaran tertentu, misalnya mengembangkan kurikulum muatan lokal, maka perlu dirumuskan SKnya sesuai dengan nama mata pelajaran dalam muatan lokal tersebut.
Penetapan Standar Kompetensi (SK), dimaksudkan untuk menetapkan ukuran minimal atau secukupnya, mencakup kemampuan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dicapai, diketahui, dilakukan, dan mahir dilakukan oleh peserta didik pada setiap tingkatan secara maju dan berkelanjutan sebagai upaya kendali dan jaminan mutu.
1.      Standar Kompetensi SMA
Kemampuan matematika yang terdapat Standar Kompetensi ini dirancang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa agar dapat berkembang secara optimal, serta memperhatikan pula perkembangan pendidikan matematika di dunia sekarang ini. Untuk mencapai kompetensi tersebut dipilih materi-materi matematika dengan memperhatikan struktur keilmuan, tingkat kedalaman materi, serta sifat esensial materi dan keterpakaiannya dalam kehidupan sehari-hari. Secara rinci, standar kompetensi tersebut, adalah sebagai berikut:
Kelas X semester 1:
STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
Aljabar
1.     Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma


1.1   Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma

1.2   Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
2.     Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
2.1   Memahami konsep fungsi

2.2   Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat

2.3   Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

2.4   Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

2.5   Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat

2.6   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
3.     Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel
3.1   Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel

3.2   Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear

3.3   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya

3.4   Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar

3.5   Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel

3.6   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya

Kelas X semester 2:
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Logika
4.     Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor


4.1   Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya

4.2   Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor

4.3   Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan

4.4   Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah

Trigonometri
5.     Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah


5.1   Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri

5.2   Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri

5.3   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, dan penafsirannya
Geometri
6.     Menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga


6.1   Menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga

6.2   Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga

6.3   Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi tiga

Dari keterangan di atas, kami mengambil mata pelajaran matematika smester satu kelas X SMA. Standar Kompetensi yang akan di kembangkan sangat bervariasi tergantung dari pengajarnya. Pengajar akan memberikan materi kepada siswa dengan cara mengajarnya masing. Dalam artian pengajar akan menyesuaikan materi yang akan di ajarkan kepada siswa nya tergantung dari keadaan siswa itu sendiri.

2.      Standar Kompetensi SMK
Penguasaan mata pelajaran Matematika bagi peserta didik SMK/MAK juga berfungsi membentuk kompetensi program keahlian. Dengan mengajarkan Matematika diharapkan peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mengembangkan diri di bidang keahlian dan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi. Secara rinci, standar kompetensi tersebut, adalah sebagai berikut:
Jurusan Seni, Pariwisata, Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi  Kerumahtanggaan Untuk SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
STANDAR KOMPETENSI
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.     Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil

1.1   Menerapkan operasi pada bilangan riil

1.2   Menerapkan operasi pada bilangan berpangkat

1.3   Menerapkan operasi pada bilangan irasional

1.4   Menerapkan konsep logaritma
2.     Memecahkan masalah
berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat

2.1   Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier

2.2   Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

2.3   Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
3.     Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks

3.1   Mendeskripsikan macam-macam matriks

3.2   Menyelesaikan operasi matriks
4.     Menyelesaikan masalah program linier
4.1   Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier

4.2   Menentukan model matematika dari soal ceritera
(kalimat verbal)

4.3   Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linier

4.4   Menerapkan garis selidik
5.     Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
5.1   Menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut.

5.2   Mengkonversi koordinat kartesius dan koordinat kutub

5.3   Menerapkan aturan sinus dan kosinus

5.4   Menentukan luas suatu segitiga
6.     Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
6.1   Mengidentifikasi pola, barisan, dan deret bilangan

6.2   Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika

6.3   Menerapkan konsep barisan dan deret geometri

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
7.     Menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi dua

7.1   Mengidentifikasi sudut

7.2   Menentukan keliling bangun datar dan luas daerah bangun datar

7.3   Menerapkan transformasi bangun datar

8.     Menerapkan aturan konsep statistik dalam pemecahan masalah

8. 1  Mengidentifikasi pengertian statistik, statistika, populasi, dan sampel

8. 2  Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram

8. 3  Menentukan ukuran pemusatan data

8. 4  Menentukan ukuran penyebaran data

Tidak beda jauh dengan SMA, dalam SMK standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengem- bangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompe- tensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.











BAB III
KESIMPULAN
SK pada dasarnya hampir sama antara SMA dan SMK, yang membedakan hanya pada SMA matematika nya di rancang agar siswanya melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, seperti bangku kuliah dsb, oleh kaarena itu matematika di SMA lebih rumit.
Pada SMK matematika hanya di ajarkan dalam bentuk yang sangat sederhana sekali, hanya menyesuaikan dengan jurusan yang mereka ambil saja. Karena SMK cenderung di beri keahlian khusus sesuai jurusannya agar setelah tamat dari SMK tersebut, siswa nya sudah siap kerja.


MAU YANG INSTAN..??
LANGSUNG DOWNLOAD WORD NYA DISINI 
DAN POWER POINTNYA DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar