my picture

Kamis, 30 Agustus 2012

MAKALAH TENTANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN


Dalam kehidupan anak ada dua proses yang beroperasi secara kontinu, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Banyak orang menggunakan istilah "pertumbuhan" dan "perkembangan" secara bergantian. Kedua proses ini berlangsung secara interdependensi, artinya saling bergantung satu sama lain. Kedua proses ini tidak bisa dipisahkan dalam bentuk-bentuk yang secara pilah berdiri sendiri-sendiri.
Sebenarnya apa yang dimaksud dengan perkembangan dan pertumbuhan itu ? kadang masih ada beberapa orang yang salah atau keliru dalam megartikan dua istilah tersebut. Ketika seorang bayi yang baru lahir di dunia ini awalnya hanya bias bernafas, seiring dengan berjalanya waktu bayi ini terus mengalami perubahan baik itu fisik maupun perilaku atau keterampilan. Perubahan fisik seperti bertambahnya tinggi dan berat badan sedangkan perubahan keterampilan seperti bayi yang awalnya hanya bisa berbaring, kemudian ia mampu bergulir, menelungkup, duduk, merangkak, berdiri dan akhirnya berlari. Uraian di atas dapat mengilustrasikan adanya proses perubahan yang dialami oleh anak manusia yang disebut dengan perkembangan. Perkembangan adalah pola perubahan individu yang berawal dari masa konsepsi hingga akhir hayat.












 Pertumbuhan adalah suatu penambahan dalam ukuran bentuk dimensif tubuh serta bagian-bagiannya. Perkembangan adalah...
perubahan dalam bentuk atau bagian tubuh dan integrasi berbagai bagiannya ke dalam satu kesatuan fungsional bila pertumbuhan itu berlangsung. Pertumbuhan dapat diukur sedangkan perkembangan dapat diamati gejala-gejalanya. Perkembangan dipersyarati oleh pertumbuhan.
Kematangan adalah urutan perubahan yang dialami individu secara teratur yang ditentukan oleh rancangan genetiknya (Santrok dan Yussen, 1992: 20). Kematangan dipandang sebagai warisan biologis organisme yang dibawa sejak lahir. Pengalaman merupakan peristiwa – peristiwa yang dialami individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

untuk lebih lengkap nya, bisa langsung download makalahnya :
( disini untuk word nya  )
( disini untuk powerpoint nya )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar